Selasa, 03 Juni 2014

anemia

a    anemia adalah suatu kondisi di mana tubuhAnda kekurangan sel darah merah yang baikuntuk membawa oksigen ke jaringan tubuh Anda.Sel darah merahmengandung hemoglobin,protein kaya zat besi yang memungkinkan sel untukmengangkut oksigen.Untuk memproduksi hemoglobin dan sel darah merah, tubuhmembutuhkan zat besimineralprotein dan vitamin.

Kebanyakan orang yang menderita penyakit anemia akan merasa lelahsepanjang waktuAda banyak jenis anemiadengan penyebab yang berbeda.Sebagai pengobatan untuk jenis-jenis anemia mungkin tidak sesuai satu samalainnya. Pengobatan dapat bervariasi dari mengkonsumsi suplemen vitamin atauzat besi untuk operasi atau transfusi darah
Anemia bisa menjadi gejala daripenyakit yang serius kalau tidak diatasi. Dibawah ini akan di jelaskan lima jenis yang paling umum dari penyakit anemia

Ada banyak jenis anemia dan penyebabnyanamun jenis yang paling umumadalah sebagai berikut:

 Anemia defisiensi besiIni adalah jenis yang paling umum dari semua jenis anemiaHal ini terjadi ketika tubuh Anda tidak cukup menghasilkanhemoglobin.Umumnya penderita jenis anemia ini adalah di kalangan wanita usia suburdan kurangnya zat besi menyebabkan anemia.


 Anemia perniciousjenis anemia pernisiosa disebabkan olehketidakmampuan usus untuk menyerap cukup vitamin B-12, tubuh Anda membutuhkan untuk menghasilkan sel darah merah.

 Anemia aplastikAnemia aplastik adalah ketika tubuh Anda tidak dapatmembuat sel-sel darah merah yang cukupJenis anemia ini dapat disebabkanoleh kerusakan sumsum tulang oleh faktor di luar tubuh Andaseperti terpaparbahan kimiaperawatan medis atau faktor fisikArsenik dan kemoterapimerupakan contoh dari jenis eksposur. Kadang-kadangjenis anemia aplastik initidak diketahui penyebabnya, meskipun penyakit autoimun diyakini menjadi penyebab anemia jenis ini.


 Sickle Cell Anemia. Jenis anemia ini adalah suatu kondisi herediter yang ditandai dengan sel darah merah berbentuk sabit. Sel-sel sabit yang abnormalmemecah lebih cepat dari sel-sel darah merah normal, sehingga akankekurangan kronis sel darah merah dalam tubuh AndaJenis anemia ini adalahlebih umum terjadi pada orang keturunan AfrikaArab dan Mediterania.

 Trauma terkait anemiaHal ini terjadi ketika tubuh Anda kehilangan sejumlah besar sel darah merah pada susatu waktuseperti ketika Anda terluka dalam kecelakaan mobilPenyakit anemia ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuhuntuk mentransfer oksigen atau nutrisi ke organ karna tanpa sel-sel darah merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar